Sabtu, 04 April 2015

Cara Menulis CV Agar Bisa Dipanggil untuk Wawancara Kerja

Cara Menulis CV Agar Bisa Dipanggil untuk Wawancara Kerja


Agar dipanggil wawancara kerja, Sampean mesti menyiapkan curriculum vitae (CV) yang membuat pewawancara tertarik utk membaca & melihat Nte lebih jauh lagi. Sayangnya, banyak yang masih menganggap remeh surat lamaran kerja tapi berharap `rezeki` datang kepada mereka. CV merupakan langkah awal & paling penting utk menerima pekerjaan, oleh lantaran itu Lw mesti memerhatikanny dgn seksama. Berikut ini beberapa tips penting dlm penulisan CV.

1. Informasi yg Benar
Menurut Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, chief consultant assessment di Experd Consultant, hendaknya Anda mengisi segala informasi nyata yg benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja serta prestasi yg pernah diraih. ”Jangan kami paksakan contohnya harusnya umur telah tidak sesuai dengan batas minimal perusahaan yg dituju tetapi malah memaksakan,” ujarnya saat dihubungi wolipop, Rabu (06/02/2013).

2. Lengkap Dan Padat
Cantumkan nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pendidikan & jg informasi-informasi tambahan lainnya yang sekiranya dpt menunjang profil Kamu di mata staf personalia atau user. Misalnya pelatihan yg pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi. http://modernlivingroom.org/furniture/modern-living-room-chairs/

”Yang pasti kita membuat tulisan CV tersebut singkat padat tetapi dapat menjual diri kita. Nggak perlu bertele-tele yg penting dpt eye-catching,” tutur wanita lulusan Universitas Padjajaran, Bandung, jurusan Psikologi ini.

3. Gampang Dibaca
Pastikan surat lamaran kerja Nte terorganisir & tidak susah dibaca. Font tulisan cukup besar agar HRD nyaman & jelas membacanya. Setiap paragraf jangan terlalu panjang serta bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yg baik & tidak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim
Sebelum mengirimkan CV dan surat lamaran, periksa terlebih dulu resume Sampean dan jangan sampai ada yg salah tulis. Jika melamar pekerjaan melalui email atau web lowongan kerja, Engkau juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya.

5. Sertakan Info Tambahan yg Mendukung
Sertakan pengalaman kerja atau kemampuan yg sesuai dengan bidang pekerjaan. Misalnya Sampean pernah mengikuti training jurnalistik bila kepingin melamar di perusahaan media, atau seminar manajemen. Dapat jg prestasi yg pernah didapatkan untuk menunjukkan keseriusan dlm melamar kerja.

”Prestasi juga perlu ditulis seperti lomba nyanyi atau tulis saja. Nggak masalah, setidaknya cukup menjual CV itu. Itu hanya sebagai informasi tambahan. Dgn begitu dpt dinilai kejujuran kita. Kejujuran yg utama, keseriusan juga, tersebut yg dicari, prestasi hanya menjadi info tambahan,” papar Cherry.

6. Maksimum Dua Halaman
Buat CV maksimum cuma dua halaman serta itu telah mencakup semua info inti tentang Anda. Cuma profesional atau org yang sudah pernah memegang jabatan tinggi, mempunyai segudang pengalaman yg hrs dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.

7. Subjek Jelas
Jika mengirim surat lamaran lewat email, pastikan subjek yg Sampean cantumkan jelas (misalnya: `CV marketing` atau `calon reporter`). File attachment juga hrs jelas, seperti `lampiran PORTFOLIO` atau `contoh tulisan`.

Kesalahan Ini Sering Dilakukan Oleh Pasien Ketika Periksa ke Dokter Modern Living Room Chairs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar